Praktek Keamanan pada pengguna Komputer-Laptop(feel inside)

Jumat, 24 Februari 2012


Sore sobat klicomp , sedikit kami mau berbagi pengetahuan dan tips-tips nih pada keamanan komputer, simak yuuk .


 Ancaman cybercrime saat ini makin ganas dan berbahaya karena dimotivasi oleh keuntungan finansial atau pundi-pundi rupiah. kalian sebagai pengguna internet bisa menerapkan langkah-langkah berikut untuk menjamin keamanannya saat berinternet ria.


==========================================================


1. Lakukan investasi dengan membeli solusi keamanan internet yang menggabungkan antivirus, firewall, deteksi penyusupan dan manajemen kelemahan untuk mendapatkan perlindungan maksimum dari malware dan ancaman lainnya usahakan agar antivirus anda tetap up to date.


2. Pastikan bahwa patch keamanan yang paling baru telah terpasang dan diterapkan segera untuk semua aplikasi yang memiliki kelemahan.(ini kami gak recommend jika saja spesifikasi komputer anda minim)


3. Pastikan bahwa password yang digunakan adalah campuran huruf dan angka (kalau perlu campuran simbol yang mudah di ingat), dan sering-seringlah mengubahnya. Password tak seharusnya mengandung kata-kata dari kamus.


4. Jangan pernah membuka, melihat atau menjalankan attachment email kecuali memang attachment itu sudah diketahui tujuannya dan dikirimkan sepengetahuan penerima, terlebih-lebih lagi jika email tersebut dari spam , jika saja isinya meragukan , leave it !


5. Update definisi virus secara rutin. Dengan memiliki definisi virus yang terbaru, Anda bisa melindungi komputer dari virus terbaru yang sedang menyebar (ini hampir mirip dengan yang di atas).


6. Cek secara rutin apakah sistem operasi yang digunakan memiliki kelemahan. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan Symantec Security Check yang bisa diakses lewat web symantec.


7. Gunakan solusi anti phishing. Dan, jangan pernah memberitahukan informasi rahasia, pribadi atau finansial, kecuali jika bisa dipastikan bahwa permintaan informasi itu benar-benar resmi.


8. Terlibatlah dengan melacak dan melaporkan upaya serangan. Dengan layanan tracking dari Symantec Security Check atau keamanan check dari antivirus lainnya, pengguna bisa segera mengidentifikasi lokasi serangan potensial dan meneruskan informasi itu ke ISP penyerang atau pihak berwajib.


9. Waspadalah karena ancaman keamanan bisa secara otomatis terpasang pada komputer yang menggunakan program berbagi file, download gratisan dan software versi freeware atau shareware tertentu.


10. Hindarilah mengklik tautan atau attachment pada email atau pesan instan, hal-hal ini mungkin membuka komputer pada risiko yang tidak perlu.


11. Baca end-user license agreements (EULA) secara hati-hati dan pastikan semua persyaratannya dipahami sebelum menyetujuinya. Beberapa risiko keamanan tertentu bisa dipasang saat pengguna menyetujui EULA atau akibat pengguna menyetujuinya.


12. Waspadai piranti lunak yang menampilkan iklan pada tampilannya. Banyak program spyware yang melacak bagaimana pengguna merespons iklan semacam ini, kehadiran program semacam ini adalah tanda bahaya. Iklan yang muncul bisa jadi adalah spyware.

13. Jangan mencoba-coba masuk ke website cracker hacker atau semacamnya (kecuali di bimbing ^^) dan situs porno karena dapat memungkinkan website itulah sarangnya kode2 jahat, kecuali memang butuh untuk belajar cracking & hacking yang penuh resiko (CMIIW), dan atau bisa juga dengan alternatif lainnya seperti memakai firefox install addon untuk memblokir script.

14. Tetap waspada jika saja memakai flashdisk milik orang lain (atau mungkin kita sendiri) dikomputer kita yang habis dari warnet or colok ke komputer lain . usahakan setting pada antivirus yaitu dengan setiap colok pada removable disk otomatis pemindaian(scan) virus

15. Biasanya malware pakai nama-nama yg menarik untuk di eksekusi seperti svchost.exe => scvhost.exe, periksa dulu sebelum membukanya.

16. Selalu pilih pada opsi folder yaitu dengan "show hidden files and folders" untuk menyadari jika saja ada file yang ganjal jika anda masih meragu untuk menghapusnya silahkan tanyakan mbah google , :D

============================================================

Naah udaah gitu dulu yach ,
semoga bermanfaat ,



Sumber  + dengan sedikit revisi dan pengembangan 
matikan fasilitas autorun untuk semua drive removable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 KliComp-IT Zliwon All Rights Reserved.
Template Design by AngelShare | Published by AngelShare | Powered by Blogger.com.